Oleh: mohamadmaulanayusup | November 22, 2008

Software Engineering

“Dari Perangkat Lunak Oleh Perangkat Lunak dan Untuk Perangkat Lunak”

 

Sebuah paparan tentang Rekayasa perangkat lunak atau Software engineering dari seorang Mahasiswa

 

Oleh : Mohamad Maulana Yusup

 

Setelah membaca tulisan Pak Romi Satria Wahono di blog beliau (www.romisatriawahono.net) ada sedikit perasaan kaget ,haru, bingung,senang  dan beberapa  perasaan lainnya yang bercampur aduk, seketika saya teringat buku Rekayasa Perangkat Lunak karya Roger S Pressman yang ternyata di buku beliau setalah di perhatikan memang  banyak sekali menerangkan Rekayasa Perangkat Lunak dari sisi Manejerial dan bagaimana dokumentasi proses suatu pembuatan perangkat lunak.

 

Terus terang ketika awal perkuliahan matakuliah ini yang terbayang adalah kata “Rekayasa” nya saja, saya membayangkan bagaimana Perangkat Lunak di rekayasa sedemikian rupa sehingga menjadi Perangkat Lunak yang benar benar baru atau Perangkat Lunak yang sudah termodifikasi yang tentunya sudah pasti mempunyai kelebihan signifikan dibandingkan dengan “induk” nya. Naif memang pandangan seperti itu tapi itu merupakan realita yang di hadapi oleh sebagian atau keseluruhan mahasiswa yang akan mendapat matakuliah ini.

 

Rekayasa Perangkat Lunak memang tidak bisa di pisahkan dari perangkat lunak karena perangkat lunak itu sendiri adalah aspek pokok dari rekayasa perangkat lunak itu sendiri.

Jadi apa sih sebenarnya Rekayasa Perangkat Lunak itu sendiri ?

 

Pak Romi Satria Wahono menuliskan di dalam blog-nya sebagai berikut

 

Rekayasa Perangkat Lunak adalah Suatu ilmu disiplin yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap requierement capturing (analisa kebutuhan pengguna), specification (menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna), desain, coding,testing sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

 

Sedangkan dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan sebagainya.

Istilah software engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentang software engineering di Jerman dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969. Meski penggunaan kata software engineering dalam konferensi tersebut menimbulkan debat tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak, banyak pihak yang menganggap konferensi tersebutlah yang menjadi awal tumbuhnya profesi rekayasa perangkat lunak

Jadi jika bersandar pada tulisan-tulisan ini jelaslah bahwa rekayasa perangkat lunak ilmu yang membahas perangkat lunak dari mulai produksi sampai dengan pemeliharaan perangkat lunak itu sendiri, jadi rupanya rekayasa perangkat lunak tidak hanya bagaiman merekayasa suatu perangkat lunak sehingga berguna bagi pengguna tapi juga meliputi bagaiman proses pembuatan perangkat lunak itu sendiri sampai dengan pemeliharaan, dari hal tersebut terlihat bahwa aspek dokumentasi menjadi sangat penting dan tidak terpisahkan dengan rekayasa perangkat lunak.

 

Nah setelah kita mengetahui maksud dari rekayasa perangkat lunak itu sendiri, bagaimana dengan perangkat lunak itu sendiri, apa sih perangkat lunak itu ?

 

Perangkat lunak

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

 

Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).

 

Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.

 

Dari tulisan di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak adalah

Ø            Sebuah produk

Ø            Menyajikan potensi komputasi

Ø            Menghasilkan, mengelola, memperoleh, modifikasi, menampilkan atau mengirimkan informasi

Ø            Alat untuk menyajikan sebuah produk

Ø            Mendukung atau menyediakan langsung fungsi sistem

 

Nah dari beberapa pengertian yang di paparkan di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa antara rekayasa perangkat lunak dan perangkat lunak itu sendiri ada perbedaan yang cukup signifikan dimana rekayasa perangkat lunak adalah proses yang dilakukan untuk menghasilkan perangkat lunak yang baik sedangkan perangkat lunak adalah alat yang digunakan dan produk yang di hasilkan dari proses rekayas perangkat lunak , mungkin tepat rasanya jika Rekayasa Perangkat Lunak digambarkan sebagai  berupa ungkapan

“ Dari perangkat lunak Oleh perangkat lunak dan Untuk perangkat lunak  “.

 

REFERENSI

  1. www.romisatriawahono.net
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_perangkat_lunak
  3. http://asep-hs.web.ugm.ac.id/Artikel/RPL/RPL.pdf

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: