Oleh: mohamadmaulanayusup | Desember 9, 2008

TEKNOLOGI WEB

World Wide Web

World Wide Web (WWW), lebih dikenal dengan WEB, merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet.

Web pada awalnya adalah ruang informasi pada internet, dengan menggunakan teknologi hyperteks, pemakai ditunutn untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang ditampilkan dalam browser web

Web memudahkan pengguna komputer untuk berinteraksi dengan pelaku internet lainnya dan menelusuri (informasi) di internet.

Selain itu web telah di adopsi sebagai bagian dari strategi teknologi informasi , karena beberapa alasan,

  • Akses informasi mudah

  • Setup server mudah

  • Informasi mudah didistribusikan

  • Bebas platform; informasi dapat disajikan oleh browser web pada sistem operasi mana saja karena adanya standar dokumen berbagai tipe data dapat disajikan

Sekilas lahirnya Web

Tahun 1993, Tim Berners-Lee dan peneliti lain di European Particle Physics Lab ( Consei European pour la Recherche Nucleaire, atau CERN) di Geneva, Swiss, mengembangkan suatu cara untuk men-share data antar koleganya menggunakan sesuatu yang disebut dengan hypertext. Pemakai di CERN dapat menampilkan dokumen pada layar komputer dengan menggunakan software browser baru.

Kode-kode khusus disisipkan ke dalam dokumen elektronik ini, memungkinkan pemakai untuk meloncat dari suatu dokumen ke dokumen lainnya pada layar dengan memilih sebuah hyperlink

Pada oktober 2004 dibentuklah W3C (World Wide Web Concortium), yaitu suatu badan resmi yang membuat standar web. W3C meletakkan gabungan spesifikasi dalam standar web. Organisasi ini pada awalnya dibentuk dengan beranggotakan lebih dari 400 organisasi dari seluruh dunia dan telah menghasilkan pengakuan internasional untuk kontribusinya pada perkembangan web

Berikut adalah hasil dari W3C

  • Standar web yang paling mendasar adalah HTML, CSS, dan XML

  • Standar HTML yang terakhir adalah XHTML 1.0

Pada perkembangan selanjutnya CERN kembali pada misi awalnya yaitu melakukan penelitian tentang fisika partikel dan hasil yang berkaitan dengan web diserahkan kepada W3C.

Bagaimana Web bekerja ?

Berikut adalah cara Web bekerja ,

  • Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman-halaman web (web pages)

  • Web page adalah file-file yang disimpan dalam komputer yang disebut dengan server-server web (web servers)

  • Komputer-komputer membaca web page disebut dengan web client

  • Web client menampilkan page dengan menggunakan program yang disebut dengan browser web (web browser)

  • Beberapa web browser yang dikenal di antaranya adalah Internet Explorer (IE), Netscape Navigator (Netscape), dan Mozilla Firefox (MOZILLA)

Skema Web bekerja

Berikut adalah skema kerja dari Web

Browser Web

Browser web adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Perangkat lunak ini telah dikembangkan dengan menggunakan user interface grafis, sehingga pemakai dapat melakukan ‘point dan click’ untuk pindah antar dokumen

Linx adalah browser web yang masih menggunakan mode teks, yang akibatnya tidak ada gambar yang dapat ditampilkan. Lynx ini ada pada lingkungan DOS dan *nix (keluarga sistem operasi Unix).

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan pengembangan GUI / User Interface Grafis pada perangkat lunak yang digunakan sebagai web browser maka lahirlah berbagai web browser dengan platform GUI dengan keunggulan masing-masing, diantaranya IE, Netscape Navigator, Mozilla Firefox dsb.

Server Web

Server web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, komputer ini akan melayani permintaan dokumen web dari kliennya.

Browser web seperti IE atau Netscape berkomunikasi melalui jaringan ( termasuk jaringan internet ) dengan server web, menggunakan HTTP. Browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakan oleh server. Server memeberikan dokumen atau layanannya jika tersedia juga dengan menggunakan protokol HTTP.

Peranan Web di bidang perdagangan

Salah satu peranan yang paling signifikan dari web terhadap bidang perdagangan adalah lahirnya konsep transaksi on line melalui internet dengan menggunakan fasilitas web yaitu E- Commerce.

Electronic Commerce (E-Commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen (Consumers), Manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan Pedagang Perantara (Intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan internet.

E-Commerce dalam perjalanan selanjutnya melahirkan konsep- konsep yang memang sangat menunjang dunia perdagangan, antara lain:

  • AUTOMATION yaitu Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep “enterprise resource planning”)

  • STREAMLINING/INTEGRATION yaitu Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep “just in time”).

  • PUBLISHING yaitu Kemudahan berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan jasa yang diperdagangkan (konsep “electronic cataloging”)

  • INTERACTION yaitu Pertukaran informasi/data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error (konsep “electronic data interchange”)

  • TRANSACTION yaitu Kesepakatan dua pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar (konsep “electronic payment”)

Dari konsep-konsep diatas jelas terlihat bahwa web telah menghadirkan konsep perdagangan yang cepat, tepat, transparan dan optimal dimana hal ini telah dibuktikan oleh beberapa perusahaan yang berhasilkan mengembangkan proses kegiatannya dengan menggunakan E-Commerce seperti AMAZON, DELL CORP, dan WALL MART.

Peranan Web di bidang Pendidikan

Salah satu peranan yang paling signifikan dari web terhadap bidang pendidikan adalah lahirnya konsep pembelajaran melalui media internet dengan menggunakan fasilitas web yaitu E- Learning.

E-Learning adalah konsep yang menjadikan internet sebagai basis pemebelajaran dan media komunikasi antara Pengajar dan Peserta ajar, dalam hal ini web sebagai media yang menjembatani hal tersebut sehingga proses belajar dan mengajar diharapkan menjadi lebih mudah ,efisien, dan terjangkau.

Beberapa instansi yang telah mengembangkan konsep E-Learning diantaranya adalah beberapa PTN ,PTS di indonesia dan salah situs yang terkenal karena peranannya dalam perkembangan ilmu komputer di indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini yaitu www.ilmukomputer.com .

Peranan Web di Bidang Hiburan

Salah satu keuntungan dari penggunaan internet adalah adanya kesempatan untuk menikmati suatu fasilitas tanpa harus membayar ( gratis). Dalam hal ini hiburan merupakan hal yang dapat didapatkan secara gratis di internet.

Web telah membantu menikmati hiburan yang mungkin tidak bisa dinikmati pada saat dan waktu tertentu karena melalui web kita bisa menikmati hiburan kapan saja, dimana saja dan dari belahan bumi mana saja selama bisa berkoneksi dengan internet.

Salah satu bentuk hiburan yang ada di internet adalah game on-line, video streaming dan lain sebagainya mulai dari berita terbaru, dan berbagai info yang ada di seluruh dunia.

Penyedia layanan hiburan gratis diantaranya VEEON dan YOUTUBE.

REFERENSI

  1. Pemrograman Web dengan HTML, Cetakan Kelima , 2007, Informatika Bandung, Betha Sidik, Ir. , Husni Iskandar Pohan, Ir.,M.Eng.

  2. www.veeon.com, penyedia layanan video streaming gratis

  3. www.youtube.com,

  4. www.ilmukomputer.com

  5. www.wikipedia.com/wikipedia indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: